Rabu, 04 Desember 2013

Objek wisata paling menarik di Korea Selatan

 Seoul adalah ibu kota negara Korea Selatan yang memiliki banyak tempat untuk di kunjungi saat chingudeul berlibur ke Korea Selatan. Selain banyaknya gedung-gedung tinggi dan kehidupan masyarakat yang harmonis, obyek-obyek wisata di Seoul sangat terjaga keaslian dan kebersihannya. Bagi chingudeul yang berencana berwisata ke Seoul, yuk simak obyek wisata apa saja yang menjadi favorit di Seoul berikut ini:

DEOKSUGUNG PALACE

Photo

Istana ini terletak di dekat Balai Kota Seoul dan terkenal karena jalan batunya yang indah.Istana ini biasa digunakan untuk upacara raja naik tahta.Istana ini merupakan satu-satunya istana di mana terdapat bangunan gaya Barat di dalam kompleksnya,yaitu Jeonggwanheon dan Seokjojeon.

Jeonggwanheon adalah bangunan gaya Barat yang di dirikan pertama kali ( tahun 1900) dan biasa digunakan raja untuk minum kopi dan menikmati waktu luang.

Seokjojeon adalah bangunan yang di dirikan pada tahun 1905.Gedung ini pernah digunakan untuk galeri seni Jepang pada masa penjajahan Jepang dan Komisi bersama Amerika-Rusia tahun 1946.Saat ini di sisi timur gedung ini digunakan untuk pameran Harta Istana dan di sisi Barat untuk Pusat Seni Modern Nasional.

NATIONAL FOLK MUSEUM

Photo

National Folk Museum dalam bahasa korea namanya adalah “Gungnib minsok bangmulwan”.Museum ini terletak di dalam kompleks Istana Gyeonbokgung dan mempunyai lebih dari 4.000 benda-benda bersejarah yang dulu biasa digunakan oleh masyarakat Korea dalam kehidupan sehari-hari.Benda -benda tersebut mencerminkan gaya hidup,cara bercocok tanam dan kepercayaan masyarakat korea.Museum ini terbagi dalam tiga ruang pameran,yaitu: Sejarah Masyarakat Korea,Gaya Hidup Masyarakat Korea,dan Siklus Kehidupan masyarakat Korea dari lahir hingga meninggal.

NATIONAL MUSEUM OF KOREA

Photo

Museum National ini dalam bahasa koreanya adalah “Gungnib Bangmulgwan”.Museum ini dibuka pada Oktober 2005 dan di dirikan diantara danau-danau,pagoda dan taman-taman.Museum ini dibagi menjadi dua sayap,yaitu sayap timur dan sayap barat.Di sayap Timur ,tersimpan harta-harta nasional peninggalan dari berbagai dinasti di Korea,peta-peta abad XV tersimpan di bagian Kartografi,Kaligrafi,Koleksi sumbangan dari para kolektor,serta ruang-ruang yang memamerkan seni bangsa Asia,termasuk Indonesia.Di Sayap Barat,terdapat bioskop dan perpustakaan.

YEOUIDO PARK

Photo

Taman Yeouido ( Yeouido Park) atau dalam bahasa koreanya lebih dikenal dengan nama “Yeouido Kongwon”.Terletak di Pulau Yeouido ( Yeouido Island ) yang berada di pusat kota Seoul.Taman ini dibagi ke dalam beberapa bagian: Hutan Tradisional Korea ( hanya tanaman asli korea yang ditanam di sini),Lapangan Rumput,Lapangan Budaya(tempat pertunjukan dan acara budaya) dan Hutan Alam.Daerah yang harus di lihat jika berkunjung ke taman ini pada musim semi adalah Jalan Yunjunro ( Yunjunro Street) di belakang Gedung Parlemen Nasional.Di sini terdapat Pohon Sakura yang berusia 30-40 tahun sepanjang 6 km berbunga indah pada musim semi.

HANGANG PARK

Photo

Taman ini terletak di sepanjang Sungai Han ( Han-gang) dan di bangun sebagai tempat olahraga ( lari,sepatu roda,bersepeda,sepak bola dan basket) dan juga tempat untuk berrekreasi.Taman ini mencakup 12 distrik dan setiap distrik mempunyai karakteristik yang unik.Distrik yang paling terkenal adalah distrik Yeouido,Jamsil dan Ttukseom yang terkenal karena pelayanan feri sepanjang sungai Han.Distrik Ttukseom juga terkenal sebagai tempat selancar angin dan ski air.

NAMSAN PARK

Photo

Taman Namsan ( Namsan Park ) atau Namsan Kongwon terletak di Gunung Namsan ( Namsan Mountain).Pada masa Dinasti Joseon,Gunung Namsan ini merupakan garis pertahanan di sebelah selatan.Di puncak Gunung Namsan terdapat Menara Seoul ( Seoul Tower).

NAMSAN SEOUL TOWER

Photo

Menara Seoul ( Seoul Tower ) atau yang dalam bahasa koreanya adalah ” Seoul Thawo” juga dikenal dengan nama “Namsan thawo” karena menara ini terletak di atas gunung Namsan.Dari atas menara setinggi 479,7 meter ini pengunjung bisa melihat seluruh kota Seoul,bahkan hingga ke Laut Barat di sebelah barat Incheon.Di dalam menara ini terdapat restoran yang bergerak berputar.Untuk mencapai menara ini,pengunjung bisa menggunakan cable car.

BUKHASAN NATIONAL PARK

Photo

Taman Nasional Bunkhasan ( Bunkhasan Kongwon) terletak di sebelah utara Kota Seoul.Gunung Batu Granit yang dikenal juga dengan nama SAMGAKSAN ini memanjang sepanjang 78,45 km dan mencakup 6 distrik. Dari atas gunung ini,pengunjung bisa melihat sejauh Sungai Han ( Hangang).Gunung ini tercatat dalam buku Rekor Dunia untuk pengunjung terbanyak setiap meter persegi ( rata-rata 5 juta pengunjung).

CHEONG WA DAE (BLUE HOUSE)

Photo

Cheongwadae adalah rumah dinas presiden Korea Selatan.Kenapa bisa dinamakan dengan “Blue House” karena 150 ribu genting keramik bangunan ini berwarna biru.Gedung ini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu Kantor Utama,yeongbingwan(Guest House) yang digunakan untuk konferensibesar dan kegiatan-kegiatan resmi untuk para tamu asing,chunchugwan(Pavillion musim semi dan gugur) yang digunakan untuk konferensi pers,nokjiwon(rumput laut),lembah Mugunghwa,dan tujuh istana.

YUKSAM BUILDING (63 BUILDING)

Photo

Yuksam Building lebih dikenal dengan nama Gedung 63 karena gedung ini terdiri dari 63 lantai,dengan tinggi gedungf 264 meter,dan merupakan gedung tertinggi di kota Seoul.Dari lantai atas gedung ini,pengunjung bisa melihat Sungai han dan gunung-gunung di sekitarnya.Di dalam gedung ini terdapat 63 Sea World,63 Sky Deck,63 Imax Theatre dan restorant.

DORASAN STATION

Photo

Di daerah yang terletak di sebelah utara seoul ini terdapat stasiun kereta api terakhir dari korea selatan yang nantinya akan disambung dengan sistem perkereta-apian korea utara.Stasiun Dorasan ini diresmikan oleh Presiden Amerika Serikat ,George W.Bush.Selain itu,dari daerah ini anda bisa berkunjung ke DMZ ( De-Military-Zone),yaitu daerah bebas militer yang disepakati setelah perang korea selesai.

LOTTE WORLD

Photo

Lotte World terletak di bagian selatan Kota Seoul.Lotte World merupakan tempat hiburan,Lotte World dibagi menjadi daerah bagian dalam yang disebut “petualangan” dan bagian luar yang disebut “pulau ajaib”.Di bagian dalam terdapat pertunjukan Laser,Film,Parade,Ice rink yang dibuka sepanjang tahun dan berbagai festival internasional selama liburan.Di Pulau Ajaib terdapat Puri Ajaib di mana pengunjung dapat menikmati prmainan yang memacu andrenalin dan juga berlayar mengarungi danau.

NAMDAEMUN GATE

Photo

Namdaemun ( Nam = Selatan,Dae= Besar,Mun=Pintu),nama aslinya adalah Sungnyemun yang berarti “api”.Maksud dibangunnya gerbang ini adalah untuk melindungi ibukota dan istana Gyeongbukgung dari api yang berasal dari Gunung Gwanaksan(menurut prinsip feng-shui gunung ini berbentuk seperti api).pada tanggal 10 Februari 2008,gerbang kebanggaan rakyat korea selatan ini mengalami kerusakan yang sangat fatal akibat dibakar dengan sengaja oleh Chae Jong-gi (69 tahun),yang marah karena tanah yang dijualnya tidak dibayar penuh oleh pihak Developer.

DONGDAEMUN GATE

Photo

Dongdaemun ( Dong= Timur, Dae = Besar, Mun= Pintu ),merupakan harta nasional nomor satu dan mempunyai nama asli “Heunginjimun”.gerbang ini dibangun pada tahun 1396 dan direnovasi pada tahun 1453.

BANPO BRIDGE

Photo

Banpo Bridge adalah salah satu jempatan penting dan salah satu yang terpanjang di Seoul. Di jembatan ini, chingudeul bisa melihat air mancur yang berwarna-warni dan merupakan air mancur jembatan terpanjang di dunia. Air mancur ini diprogram untuk memainkan pertunjukan yang berbeda selama hari dan malam. Pada siang hari, air mancur menunjukkan ratusan konfigurasi yang berbeda yang membentuk  cabang phon willow dan daun willow yang melambai. Ketika matahari terbenam, 200 lampu menerangi air mancur karena mengirimkan sampai menari, berwarna pelangi jet air di udara di sinkronisasi dengan musik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar